Tentang IDBS
"ALWUSTHO"ISLAMIC DIGITAL
BOARDING SCHOOL
(PONDOK PESANTREN ISLAM DIGITAL)
Pusat Pelatihan Teknologi
& Kaderisasi Dai Teknopreneur
MUQADDIMAH
Segala
puji hanya pantas untuk Allah Rabb semesta alam, Shalawat dan salam terlimpah
kepada Rasulullah, shahabat dan para
pengikutnya hingga akhir zaman.
Perkembangan
media teknologi kini telah memenuhi seluruh
lini kehidupan manusia.Karenanya manusia sangat terbantu untuk melakukan
sesuatu dengan cepat,hemat dan maksimal. Sebagai contoh dalam bidang
transportasi dan komunikasi, dulu jarak 500 KM bisa ditempuh dalam waktu
3 bulan dengan jalan kaki, saat ini dengan adanya mobiljarak
tersebut bisa tempuh hanya dalam waktu 12 jam,hanya 1jam dengan Pesawat Terbang dan bahkan yang dasyat
lagi dengan Pesawat Telpon/HP, hilanglah
semua sekat dan jarak karena kita bisa melakukan komunikasi dan kordinasi
secara simultan di tempat berbeda tanpa harus beranjak dari tempat duduk hanya
dalam hitungan detik saja.
Itulah dampak dasyatnya teknologi yang
kini menjadi bagian tak terpisahkandalam kehidupan manusia modern.
Tapi
ada satu lini kehidupan manusia yang teknologi belum optimaltermanfaatkan yaitu
“TEKNOLOGI PEMBELAJARAN”baik oleh lembaga pendidikan formal
ataupun non
formal. Karena minimnya pemanfaatan media teknologi dalam lini ini,
maka. sejak dulu sampai sekarang proses pembelajaran
masih statis. Durasi pendidikan formal tidak pernah ada perubahan, SD
masih 6 tahun, SMP/SMA 3 tahun dengan output pas pasan. Bukankah
TEKNOLOGI bisa
mempercepat proses dan bisa memaksimalkan hasil…? Kenapa kita tidak
menggunakannya dalam pembelajaran di lembaga pendidikan kita…?
Melalui
riset yang cukup panjang kami team Al-Wustho Digital Publishing, alhamdulillah
telah berhasil merumuskan konsep pendekatan pembelajaran dan system pendidikan
alternatif berbasis teknologi dengan brand name ISLAMIC DIGITAL BOARDING SCHOOL
(IDBS)
Latar
Belakang.
1. Mahalnya biaya pendidikan karena banyaknya biaya-biaya dan lamanya
waktu yang ditempuh tapi outputnya tetap standart.
2. Kemajuan teknologi digital dan tuntutan zaman.
3. Belum ada model pendidikan yang mengintergrasikan teknologi secara
totalitas dalam proses pembelajaran.
4. Perlu adanya edukasi tentang teknologi agar teknology bisa bisa
dimanfaatkan secara maksimal sesuai fungsinya untuk kepentingan strategis,
positif dan produktif.
0 komentar: